RSS

EMAIL

22 Des

Email bukan lagi menjadi hal asing bagi kita. Apalagi sejak jejaring sosial facebook trend dikalangan masyarakat. Mungkin email dulu hanya dimiliki sebatas orang-orang IT,pengusaha,anak sekolah, atau orang-orang yang bergelut dengan komputer. Sekarang secara nggak langsung facebook memaksa kita semua memiliki email untuk mendaftar ke jejaring tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

Sekarang apa sih yang dimaksud dengan email??

Email atau dalam bahasa Indonesianya yaitu Surat Elektronik disingkat Surel adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).

Jika kita biasanya mengirim surat melalui jasa POS, dengan email kita mengirim surat melalui saluran internet atau dunia maya.

Sejarah Penggunaan Email

Email yang pertama kali dikirim dilakukan oleh seorang engineer bernama Ray Tomlinson, pada tahun 1971. Sebelumnya, orang hanya dapat mengirimkan pesan kepada orang lain pada mesin yang sama. Dengan menggunakan teknologi baru ini, Tomlinson berhasil mengirimkan pesan ke mesin komputer yang lain dengan menggunakan tanda @ sebagai tujuan mesin penerima email. Email tidaklah lebih dari pesan teks sederhana (text message). Pesan dikirimkan dari sebuah mesin (misalnya A) ke mesin lainnya (misalnya B), dan orang lain membaca pesan yang dikirim dari komputer A di komputer B. Walaupun sekarang ini email dapat ditambahkan attachment, pada dasarnya email juga tetap merupakan sebuah pesan teks sederhana.

Jenis Email

Ada dua jenis cara penerimaan email, yaitu dengan POP (Post Office Protocol) ataupun dengan Web Based Email (Email yang dapat dilihat dari website, menggunakan tekonologi IMAP (Internet_Message_Access_Protocol). POP saat ini sudah memasuki versi 3, sehingga lebih dikenal dengan nama POP3 (Post Office Protocol version 3). Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di email client (seperti Outlook Expres, Eudora,Zimbra,Thunder Bird dan The Bat), sedangkan dengan menggunakan Web Based Email (seperti Yahoo dan Gmail), pemakai dapat membaca email yang diterimanya dan melakukan interaksi dengan email tersebut (membaca, menulis, membalas, menghapus, dll) secara user friendly.

Perbedaan POP3 dan Web Based Email :

Komponen

POP3

Web Based Email

Kemudahan dalam pengarsipan Lebih mudah dalam pengarsipan, karena email disimpan di komputer pengguna

Sulit diarsipkan, karena email tersimpan di komputer server. Jika sewaktu-waktu server mengalami masalah, ada kemungkinan email dapat hilang begitu saja.

Proteksi Kerahasiaan lebih terjaga karena di mail server data sudah tidak ada (sudah didownload di computer semua) dan hanya di computer pengguna Kerahasiaan kurang terjamin karena data email bisa di hacking dikarenakan data di dalam server
Fleksibilitas Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja. Karena berada pada server yang dapat dibuka dari jaringan internet, maka pemakai dapat membuka email miliknya dari sembarang tempat yang memiliki kases internet.
Ukuran media penyimpanan Karena menggunakan komputer pribadi, besarnya media penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung email dapat tak terbatas (tergantung budget pengguna)

Karena menggunakan komputer orang lain (komputer server), besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia email tersebut.

MANFAAT FASILITAS EMAIL

Manfaatnya antara lain:

  • Efektif untuk keperluan surat menyurat termasuk bagi pengiriman surat kepada beberapa orang sekaligus dengan isi berita yang sama misalnya agenda pertemuan, promosi produk, undangan penikahan dan sebagainya.
  • Efisien untuk mengirim lembar dokumen dalam jumlah banyak tentu akan memakan banyak biaya dan waktu jika dokumen harus dicetak dulu dan dikirim lewat paket pos biasa.
  • Fleksibel karena email dapat dikirim, diterima, atau dibaca kapan saja dan dimana saja.
  • Dapat dijadikan sebagai ajang diskusi.
  • Untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik, misalnya untuk memantau informasi harga produk dari suatu perusahaan.
  • Untuk mengirim lamaran kerja beserta lampiran dokumen pendukungnya, termasuk foto atau gambar.
  • Menerima kartu ucapan.
  • Sebagai tanda identitas di internet, misalnya dipakai pada saat menggunakan fasilitas tetentu.
  • Sebagai penampung surat dan pesan dalam jumlah yang banyak.

    Semoga bermanfaat ^_^ by Ninx.

(Sumber Materi: Jasmadi. 2004. Menggunakan Fasilitas Internet. Andi Offset. Yogyakarta dan Wikipedia. Dosen: Aris Muthohar,ST,MM)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 22, 2010 in Mata Kuliah Teknik, Pengantar Internet

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: