RSS

Cip dengan Seribu Core

30 Des

Para ilmuwan dari Universitas Glasgow membuat sebuah cip yang kinerjanya 20 kali lebih cepat ketimbang cip desktop pada umumnya.
Para ilmuwan telah menciptakan chip komputer yang sangat cepat yaitu 20 kali lebih cepat daripada komputer desktop saat ini.

Komputer pribadi (PC) saat ini memiliki prosesor atau cip dengan dua, empat atau ada pula yang 16 core. Uniknya, pada satu unit cip yang dibuat peneliti ini memiliki seribu core.

“Cip ini mengantarkan kita ke era baru komputasi dengan kecepatan tinggi,” kata ketua tim peneliti Dr Wim Vanderbauwhede, seperti dikutip Dailymail, hari ini.

Untuk satu unit cip dengan seribu core ini, pengguna tidak perlu khawatir daya listrik yang dibutuhkan semakin besar. Vanderbauwhede mengatakan meskipun memiliki kecepatan super, cip ini mendukung teknologi ramah lingkungan dan hemat listrik.

Cip yang diberi nama Field Programmable Gate Array (FPGA) ini bentuknya sama seperti cip biasa yang berisi transistor.  Ada pula switch on-off yang kecil sebagai dasar sirkuit elektroniknya.

Pengguna cip FPGA juga dapat mengkonfigurasinya ke sirkuit spesifik dan bukan fungsi yang ditetapkan pabrik. Konfigurasi ini memungkinkan pengguna untuk membagi transistor di dalam cip menjadi kelompok-kelompok kecil yang masing-masing mejalankan fungsi berbeda.

Ketika diuji coba, cip FPGA ini mampu mengolah sekitar lima Gigabita data per detik atau sekitar 20 kali lebih cepat dari komputer modern.

Vanderbauwhede mengatakan, meskipun timnya telah membuat cip super cepat ini, perusahaan penghasil cip seperti Intel dan ARM misalnya, juga sedang mengembangkan produk serupa. “Saya yakin prosesor jenis ini akan digunakan beberapa tahun ke dapan,” ujarnya.

Semoga Bermanfaat ^_^

(Sumber:TEMPO Interaktif)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 30, 2010 in Teknologi, UMUM

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: