RSS

Mengenal Operasi Dasar Komputer

01 Jan

MENGENAL KOMPONEN DAN MERANGKAI PHERIFERAL KOMPUTER

Materi ini saya peroleh saat mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi.

Komputer merupakan salah satu perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat penting peranannya dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Saat ini komputer digunakan hampir di semua bidang kehidupan, yaitu: bidang pekerjaan/bisnis, pendidikan, pemerintahan, militer, seni, dan masih banyak bidang – bidang lain yang menggunakan komputer.

Komputer merupakan sekumpulan peralatan elektronik yang saling berkaitan antara satu komponen dan komponen lainnya sehingga dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi. Komputer dapat bekerja apabila memenuhi tiga unsur. Tiga unsur tersebut adalah: HARDWARE (perangkat keras), SOFTWARE (perangkat lunak), BRAINWARE (orang atau pengguna komputer).


Komponen Komputer

  • Satu unit komputer terdiri dari CPU, Monitor, Keyboard dan Mouse. Pada CPU yang merupakan sistem unit atau console memiliki beberapa port. Port pada komputer berfungsi sebagai antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau dengan unit (device) lain.
  • Berikut ini terdapat beberapa port console.
  1. Port serial, port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal.
  2. Port parallel, port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port parallel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer, modem, dan port penghubung disk drive.
  3. PS / 2, port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Untuk port keyboard berwarna ungu dan untuk port mouse berwarna hijau.
  4. USB (Universal Serial Bus), Port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya. Port USB merupakan pengembangan dari port serial. Saat ini, port usb paling populer digunakan, misalnya untuk flash disk, harddisk eksternal, mouse, keyboard. Kelebihan dari port USB adalah kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB ini dirancang tidak tergantung pada ekspansion slot, dan USB yang dipasang tidak perlu melakukan booting ulang komputer. Selain itu, USB juga mendukung arsitektur daisy-chain ganda, yaitu penggunaan USB hub. Sebuah USB hub dapat menampung banyak device USB. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah.

Untuk memasang port-port komputer tersebut, sebaiknya komputer dalam keadaan mati untuk menghindari kerusakan pada CPU maupun perangkat lainnya, dengan posisi yang tepat, dan tidak terbalik.

Keterangan :

1. Port power supply kabel power listrik

2. Port ps/2 mouse

3. Port ps/2 keyboard

4. Port USB

5. Port serial

6. Port parallel

7. Port video (monitor)

8. Port parallel

9. Port network

10. Port sound card (line in, out, mic)

11. Port serial

12. Port modem line telepon

Sedangkan pada bagian depan CPU komputer, terdapat tombol power, tombol reset, floopy disk, CD/DVD-ROM/RW drive, port-port lainnya (front port), Hard drive LED (lampu indikator). Berikut penjelasan bagian-bagian tersebut :

1. Tombol power, berfungsi untuk menghidupkan komputer.

2. Tombol reset, berfungsi untuk restart komputer

3. Floopy disk (3 ½ floopy A), berfungsi untuk menyimpan atau membaca data dengan media disket.

4. CD/DVD-ROM/RW drive, berfungsi untuk menyimpan atau membaca data dengan media CD, VCD atau DVD.

5. Front port, biasanya terdiri atas USB port, firewire, audio port digunakan untuk menghubungkan sound, head set, dan juga microphone.

6. Hard drive LED (lampu indikator), berfungsi untuk menandakan aktifitas hard disk dan aktifitas pemrosesan data.

Memasang Komponen Periferal dengan CPU

Peralatan-peralatan tambahan yang dibutuhkan yaitu :

  • Instalasi listrik yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna komputer, gunakan kabel power untuk komputer yang benar-benar bagus kuat terhadap panas. Hindari penggunaan sumber power bersama-sama dengan peralatan elektronik lainnya, Hindari penggunaan kabel rol (gulung) karena kabel-kabel tersebut biasanya tidak kuat terhadap panas dan menyebabkan terjadinya konsleting atau kebakaran.
  • Stabilizer, Alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke power supply komputer. Kita tidak mengetahui kalau tegangan listrik yang kita gunakan terkadang mengalami penurunan atau penaikan daya secara tiba-tiba, dengan menggunakan stabilizer hal tersebut dapat diantisipasi. Biasanya dalam stabilzer terdapat sikring, dan apabila tegangan yang masuk tiba-tiba mengalami kenaikan daya yang berlebihan biasanya sikring stabilizer akan putus sehingga komputer anda tetap terlindungi.
  • Uninteruptible Power Supply (UPS), Alat ini sebagai cadangan power (battery) apabila terjadi padam lampu. Untuk personal computer (PC) dimana hanya satu komputer, kita dapat menggunakan UPS portable dimana UPS ini dapat menyimpan power sekitar 3 s.d 5 Jam sehingga kita dapat melanjutkan pekerjaan.
  • Air Conditioner (AC) Sebenarnya alat ini sebagai pendingin ruangan, tapi alat ini sangat bermanfaat untuk mengurangi panas dalam komputer. Terutama laboratorium komputer yang terdiri dari beberapa komputer, perlu sekali menggunakan AC. Dengan AC komponen elektronik yang terdapat di dalam komputer akan tetap terjaga dengan aman yaitu tidak mengalami panas yang berlebihan.

Setelah peralatan-peralatan tambahan tersebut terpasang, maka pemasangan periferal pada port-port yang terdapat di CPU dapat dikerjakan sebagai berikut :

  • Pasang kabel power komputer dengan sumber listrik melalui stabilizer. Agar tegangan atau arus listrik yang mengalir lebih stabil.
  • Pasang kabel monitor ke VGA port dan power monitor, untuk menyalakan atau mengaktifkan layar monitor.
  • Pasang kabel mouse dan keyboard ke PS/2 port, parallel/serial port, atau USB port sesuai dengan jenisnya agar dapat menggerakkan kursor dan mengetik.


Mematikan Komputer

Di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah mematikan komputer dengan cara yang benar, yaitu :

  • Pastikan semua tampilan program aplikasi telah ditutup.
  • Pada taskbar, klik tombol start.
  • Klik Shut Down (pada Windows 2000) atau Turn Off Computer (pada Windows XP).
  1. Stand By : Monitor dan beberapa komponen lainnya akan dimatikan, agar komputer dapat menghemat penggunaan listrik. Dalam kondisi stand by komputer tetap dalam keadaan siap untuk melakukan perintah atau menerima data masuk. Komputer akan menyala lagi apabila kita menggerakkan mouse/keyboard.
  2. Turn Off/Shut Down : Perintah ini digunakan untuk mematikan komputer secara perlahan dengan melakukan perubahan konfigurasi (setting) windows akan disimpan terlebih dahulu, setelah itu komputer akan mati dengan sempurna.
  3. Restart : Perintah ini digunakan apabila kita ingin mematikan komputer dan menghidupkannya lagi tanpa harus menekan tombol power. Cara ini biasa disebut dengan istilah WARM BOOOTING. Hal ini biasanya dilakukan apabila ada perubahan konfigurasi (setting) windows. Misalnya ketika selesai melakukan instalasi suatu program aplikasi, maka komputer harus di-restart terlebih dahulu. Warm Booting juga bisa dilakukan dengan cara menekan tombol reset yang terdapat di bagian depan CPU komputer.

Semoga bermanfaat ^_^ by Ninx.

(Sumber: Dosen Isnaini Yoga Prayitno,ST Mengenal Operasi Dasar Komputer.ppt)

 
 

One response to “Mengenal Operasi Dasar Komputer

  1. Rosyid

    Juli 1, 2012 at 9:06 AM

    Bagus deh…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: