RSS

PENGANTAR ORGANISASI KOMPUTER (Part 1)

14 Apr

Komputer

Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam  komputer  tersebut  dan  menghasilkan  keluaran  informasi  yang dihasilkan  setelah  diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.

Dalam  bentuk  yang  paling  sederhana  komputer  terdiri  dari  lima  bagian  utama  yang mempunyai  fungsi  sendiri-sendiri.  Unit-unit  tersebut  adalah:  masukan,  memori,  aritmetika  dan logika, keluaran dan kontrol seperti pada gambar berikut :

Unit  masukan  menerima  informasi  yang  yang  dikodekan  dari  operator  manusia  lewat alat-alat  elektromekanik  seperti  papan  ketik  pada  suatu  terminal  video,  atau  dari  komputer- komputer  lain  lewat  jalur  komunikasi  digital.  Informasi  yang  diterima  dan  disimpan  dalam memori  untuk   dipergunakan  kelak,  atau  langsung diolah oleh rangkaian aritmetika dan logika untuk  melaksanakan  operasi  yang  diinginkan.  Langkah-langkah  pengolahan  ditentukan  oleh program yang disimpan dalam memori. Akhirnya hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan kembali keluar melalui unit keluaran. Seluruh kegiatan ini dikoordinasi oleh unit kontrol.

Organisasi Komputer

Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam    merealisasikan aspek arsitekturalnya.  Contoh  aspek  organisasional  adalah  teknologi  hardware,  perangkat  antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.

Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Sebagai contoh  apakah  suatu  komputer  perlu  memiliki  instruksi  pengalamatan  pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.

Perbedaan Utama :

Organisasi Komputer

  • Bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional
  • Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol

Arsitektur Komputer

  • atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
  • Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

Referensi : Materi AOK

Dosen : Heri Akhtifudin,Amd

Semoga Bermanfaat ya ,,, TRims ^_^ by Ninx

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2011 inci Arsitektur dan Organisasi Komputer

 

1 responses to “PENGANTAR ORGANISASI KOMPUTER (Part 1)

  1. soscommunity

    Desember 12, 2011 at 11:19 AM

    informasi cukup MENARIK.
    Semoga semakin maju dan lebih sukses lagi.
    kalau ada waktu jangan lupa silahkan,
    KUNJUNGI : SOSCOMMUNITY yang siap membantu segalanya:

    Informasi lebih maju silahkan MELIHAT :
    http://soscommunity.org/index.php?

    option=com_content&view=frontpage&Itemid=58
    Terimakasih

    CALL : 031 853 8830
    E-MAIl : soscommunity1@gmail.com

     

Tinggalkan komentar